May 13, 2024

Penilaian lomba kebersihan makam tingkat Kota Madiun di kelurahan Pilangbango Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2023, dimana TPU yang diajukan Tahun 2023 ini adalah TPU Pilangbango yang telah dinyatakan lolos seleksi penilaian pada tingkat Kecamatan Kartoharjo.

Sesuai salah satu kriteria lomba yaitu menekankan pada swadaya masyarakat dalam pengelolaan makam , maka pengelolaan makam pilangbango sepenuhnya murni swadaya masyarakat. Ada empat kriteria dalam penilaian lomba. Antara lain, kelengkapan administrasi, keindahan, kebersihan dan swadaya-inovasi.

Secara administrasi bebarapa dokumen sudah dilengkapi di TPU Pilangbango meliputi : Register tamu, register pemakaman, daftar aset, denah makam, visi misi, dll. Secara Keindahan di TPU Pilangbango ditanam aneka tanaman hias dan tanaman produktif diantaranya tanaman pisang sekaligus menjadi inovasi TPU Pilangbango dengan memanfaatkan daun, bunga dan buah pisang tersebut diolah menjadi aneka makanan dan dijual di kios warga Pilangbango, disamping itu inovasi yang disuguhkan TPU Pilangbango dengan memanfaatkan lahan kosong dengan aneka tanaman toga dan tanaman holtikultura yang pastinya diharapkan bisa mengangkat ekonomi masyarakat sekitar. Sedangkan dari sisi kebersihan peampilan TPU Pilangbango tidak mengecewakan dimana telah berkolaborasi dengan perkumpulan SH terate bersama dengan warga sekitar menyusun agenda kerja bakti gotong royong yang dilaksanakan tiap minggu pertama tiap bulan. Ke depan masyarakat Pilangbango berkomitmen untuk mewujudkan TPU Pilangbango sebagai daerah tujuan wisata regili andalan di Kota Madiun seperti wisata religi sunan ampel.