May 4, 2024

13/03. Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, senam aerobik bisa menjadi pilihan kegiatan olahraga untuk dilakukan. Kelurahan Pilangbango bersama dengan warga di Bulan kedua tahun 2022 ini memulai Senam secara rutin di Area Lapak UMKM Kelurahan Pilangbango setiap hari minggu pagi pada pukul 06.00 WIB.

Adapun, senam aerobik memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Melansir dari Chuze Fitness, berikut keuntungan fisik yang didapat dari aktivitas senam aerobik diantaranya :

1. Meningkatkan kesehatan jantung Jantung adalah salah satu organ penting di dalam tubuh. Oleh karenanya, kesehatan jantung harus selalu dijaga, salah satunya bisa melalui senam aerobik. Senam aerobik akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan kekuatan jantung. Hopkins Medicine menyarankan, latihan aerobik dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu selama 30 menit per hari.

2. Menjaga berat badan Untuk mendapatkan berat badan ideal dan mempertahankannya, makanan yang dikonsumsi serta asupan nutrisi akan sangat berpengaruh. Namun, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah olahraga. Salah satu aktivitas olahraga bisa membantu proses menjaga atau menurunkan berat badan adalah senam aerobik. Sebab, kegiatan senam aerobik baik untuk mengurangi massa tubuh dan lemak.

3. Meningkatkan stamina Anda mungkin akan merasakan lelah ketika pertama kali melakukan senam aerobik. Namun, jika melakukannya secara rutin dan teratur, secara peralahan stamina Anda akan meningkat. Hal tersebut karena kekuatan jantung, paru-paru, tulang, serta otot juga akan meningkat.

4. Meningkatkan mood dan mengurangi stres Selain membuat tubuh menjadi bugar, senam aerobik juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan pikiran. Melakukan aktivitas olahraga seperti senam aerobik akan membantu meningkatkan mood serta mengurangi stres. Selain itu, kegiatan ini juga akan membuat pikiran menjadi rileks.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh Senam aerobik bisa membantu tubuh membakar kalori yang pada akhirnya memperkuat fungsi metabolisme.

6. Meningkatkan daya ingat. The Journal Comprehensive Physiology menguraikan bahwa latihan aerobik dapat mengurangi hilangnya jaringan otak selama penuaan. Selain itu, senam aerobik juga membantu meningkatkan ingatan dan menyimpannya lebih lama seiring bertambahnya usia.

7. Mengurangi risiko terkena penyakit Kegiatan olahraga seperti senam aerobik bisa membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Oleh karenanya, senam aerobik efektif untuk mengurangi munculnya penyakit yang menyerang tubuh semisal gangguan jantung dan stroke.

rhp.1603